Rabu, 15 April 2020

Soal Evaluasi Tema 1 Subtema 1: Tumbuhan Sumber Kehidupan

Kabid Dikdas
Tema 1 Kelas VI sekolah dasar terdiri dari tiga subtema. Subtema 1 adalah tumbuhan sumber kehidupan. Pada subtema satu ini pelajaran IPA membahas tentang perkembangbiakan tumbuhan secara generatif dan vegetatif. Mata pelajaran PKn membahas tentang pengamalan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pelajaran matematika membahas tentang pecahan persen dan pecahan desimal. Bahasa Indonesia membahas tentang menemukan informasi manfaat dan asal data dari teks investigasi. Pada bagian akhir tema dilaksanakan evaluasi untuk mengetahui pemahaman siswa tentang pembelajaran yang telah diikuti. Berikut ini soal evaluasi tema satu subtema 1 kelas VI Kurikulum 2013.

1. Cermati kembali teks berjudul “Tumbuhan Sumber Karbohidrat, Protein, dan Vitamin.” Buatlah ringkasan dari teks tersebut dengan memperhatikan penggunaan kosakata baku, huruf besar, dan tanda baca.

Manusia dan hewan memerlukan makanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung karbohidrat, seperti padi, sagu, jagung, dan umbi-umbian. Manusia dan hewan juga memerlukan makanan yang cukup mengandung protein untuk pertumbuhannya. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung protein seperti kacang kedelai, kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, serta jenis kacang-kacangan lain. Manusia juga memerlukan jenis makanan yang mengandung vitamin yang digunakan  untuk menjaga kesehatan dan melindungi tubuh kita dari serangan berbagai penyakit. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung vitamin yaitu sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan tersebut meliputi bayam, kangkung, kacang panjang, terong, buncis, tomat, pepaya, mangga, apel, jeruk, dan banyak lagi

2. Ceritakan pengalamanmu dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Jelaskan dengan singkat manfaat dari perilaku tersebut bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarmu.
Nilai-nilai PancasilaSikapManfaat
Sila 1: KeTuhanan
  1. Beribadah.
  2. Menghormati teman lain yang berbeda agama.
  1. Hati menjadi tenang.
  2. Hidup rukun.
Sila 2: Kemanusiaan
  1. Menghargai teman yang berlainan agama.
  2. Bersikap dan berkata sopan pada semua teman.
  1. Hidup menjadi nyaman
  2. Saling menghargai sesama manusia
Sila 3: Persatuan
  1. Bangga dan cinta terhadap tanah air dan bangsa.
  2. Rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara
  3. Mengembangkan sikap saling menghargai.
  1. Tidak terjadi konflik-konflik 
  2. Persatuan dan kesatuan terjaga.
Sila 4: Kerakyatan
  1. Menghargai hasil musyawarah.
  2. Kita tidak boleh memaksakan kehendak  kita kepada orang lain.
  3. Menghormati dan menghargai pendapat orang lain.
  1. Mengutamakan musyawarah mufakat
  2. Menghargai pendapat orang lain
  3. Tidak memaksakan kehendak
Sila 5: Keadilan
  1. Peduli terhadap penderitaan yang dialami orang lain.
  2. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
  3. Menghormati hak-hak orang lain.
  4. Suka memberi pertolongan kepada orang lain.
  1. Berlaku adil
  2. Keseimbangan antara hak dan kewajiban.
  3. Menghormati hak milik orang lain.

3. Ceritakan tentang satu proses perkembangbiakan tumbuhan yang telah kamu pelajari. Jelaskan dengan singkat dan sertakan gambar sehingga tulisanmu akan tampak menarik.
Tumbuhan berkembang biak dengan cara generatif dan vegetatif. Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan antara lain sebagai berikut.
 Kelas VI sekolah dasar terdiri dari tiga subtema Soal Evaluasi Tema 1 Subtema 1: Tumbuhan Sumber Kehidupan
  • Perkembangbiakan secara generatif (kawin) dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan.
  • Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.
  • Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ruang bakal biji. Kemudian sel kelamin jantan (spermatozoid) masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari.
  • Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan sel kelamin (spermatozoid) dengan sel kelamin betina atau sel telur.
  • Hasil dari pembuahan adalah zigot.
  • Zigot berkembang menjadi lembaga, bakal biji berkembang menjadi biji, dan bakal buah berkembang menjadi daging buah.
  • Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.

Tumbuhan selain berkembang biak dengan cara generatif, juga berkembang biak dengan cara vegetatif. Perkembangbiakan secara vegetatif adalah perkembangbiakan yang terjadi tanpa melalui proses penyerbukan atau pembuahan. Pada proses vegetatif alami, makhluk hidup baru terbentuk tanpa bantuan manusia. Sedang pada vegetatif buatan, makhluk hidup baru terbentuk dengan bantuan manusia. Perkembangbiakan secara vegetatif pada tumbuhan dikelompokkan menjadi :
  • Vegetatif Alami menggunakan Spora contoh : paku, pakis. Akar tinggal (rhizoma) : kunyit, jahe, lengkuas, kunci, temulawak, rumput. Umbi: kentang/ubi jalar, singkong/wortel, bawang merah. Geragih : rumput teki, arbei, pegagan, semanggi. Tunas: pisang dan bambu.
  • Vegetatif Buatan dengan cara Cangkok : batang beragam jenis buah dari pohon berkayu yang dicangkok. Setek : batang singkong, daun cocor bebek.

4. Berikut ini adalah data buah kesukaan siswa kelas 6 SD Nusantara
Nama buahProsentase
Jeruk13%
Apel45%
Sawo34%
Semangka8%
Jeruk = 13 = 0,13 benar
100
Apel  = 45 = 0, 45 + Jeruk 0,13 = 0,58 benar
100
Sawo = 34 = 0,34, yang tidak menyuaki sawo 100-34 = 66% benar
100
Semangka = 8 = 0,08  benar
100

5. Perhatikan angka-angka pecahan berikut ini. Angka pecahan manakah yang lebih besar? Angka pecahan manakah yang lebih kecil? Bagaimana cara kamu mengetahuinya? Jelaskan dengan singkat!
10%, 1/10, dan  0,01
10% = 10 = 0,10
100
1 = 0.1
10
0,01 = 1 = 0,01
100
Jadi, bilangan yang paling kecil nilainya adalah 0,01

6. Siti dan Edo mengikuti tes Matematika bersama-sama. Siti dapat menjawab benar 23 soal dari 25 soal yang ada. Edo dapat menjawab benar 88% soal dari 25 soal yang ada. Nilai siapa yang lebih tinggi? Bagaimana cara kamu mengetahuinya?
Nilai Siti = 23 x 100 = 92
25
Nilai Edo = 88 x 25 = 22 soal
100
Nilai Siti lebih besar daripada nilai Edo, karena Siti memperoleh skor 23 sedangkan Edo hanya 22.